Bayar Tol dengan QRIS: Inovasi Pembayaran Terbaru di Jalan Tol

Kategori
Edukasi
Dipublish Pada
August 16, 2023
Bayar Tol dengan QRIS: Inovasi Pembayaran Terbaru di Jalan Tol

Kini transaksi pembayaran di jalan tol menjadi lebih praktis, cepat, dan mudah dengan adanya QRIS. Berikut ulasannya!

Seperti yang kita ketahui, jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang penting untuk mendukung mobilitas dan perekonomian di Indonesia. Penggunaan jalan tol juga membutuhkan biaya yang harus dibayarkan oleh pengendara saat melewati gerbang tol. Untuk memudahkan proses pembayaran, pemerintah telah menerapkan sistem pembayaran nontunai atau elektronik dengan menggunakan kartu e-toll.

E-money dan kartu kredit merupakan pembayaran tol yang sudah familiar di benak masyarakat Indonesia. Namun, saat ini pemerintah resmi menambahkan sistem pembayaran tol terbaru, yaitu pembayaran tol dengan menggunakan QRIS, selain praktis tanpa harus menempelkan kartu pembayaran e-toll, QRIS juga efisien karena pengendara tidak harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu ke kartu e-toll. Berikut penjelasan mengenai bayar tol dengan QRIS!

Apa itu QRIS?

Sebelum membahas cara pembayarannya, perlu dipahami dulu pengertiannya. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar nasional yang dibuat oleh Bank Indonesia untuk pembayaran nontunai dengan menggunakan kode QR (Quick Response). Dengan QRIS, transaksi nontunai di Indonesia jadi lebih mudah karena sistem nya telah terstandarisasi. Oleh karena itu, kini pemerintah melakukan penerapan QRIS pada pembayaran di jalan tol. Dengan menggunakan QRIS, pembayaran tol bisa lebih cepat, praktis, dan mudah.

Tol QRIS
Source: Jittawit.21 from Canva

Bagaimana cara bayar tol pakai QRIS?

Untuk melakukan pembayaran tol dengan QRIS, pertama-tama pengguna harus memastikan bahwa kartu toll-nya terhubung dengan aplikasi e-wallet atau mobile banking yang sudah mendukung QRIS. Setelah itu, pengguna bisa memilih gerbang tol yang sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran QRIS. Pada saat melakukan pembayaran, pengguna akan menemukan kode QR pada layar mesin pembayaran. Selanjutnya, pengguna cukup membuka aplikasi e-wallet atau mobile banking-nya, dan men-scan kode QR yang ada di layar mesin pembayaran. Setelah proses scanning berhasil, maka pembayaran tol sudah selesai dilakukan.

Jasa Marga selaku pengelola jalan tol juga menyediakan pembayaran via QRIS. Sehingga pengguna tidak perlu lagi menyiapkan kartu e-money. Berikut cara untuk menggunakannya:

  1. Buka aplikasi m-banking atau e-wallet di smartphone.
  2. Pilih menu pembayaran dan tekan fitur ‘Scan’.
  3. Arahkan kamera HP ke kode QR yang ada di gerbang tol.
  4. Transfer sesuai nominal yang ditetapkan.

Pembayaran tersebut berlaku untuk beberapa e-wallet yang ada di Indonesia.

Keuntungan menggunakan QRIS untuk pembayaran tol

Penggunaan QRIS untuk pembayaran tol memiliki banyak keuntungan, antara lain:

Praktis dan mudah

Dengan menggunakan QRIS, pengendara di jalan tol tidak perlu repot membawa uang cash atau kartu debit/kredit, karena pembayaran tol bisa dilakukan di smartphone.

Cepat

Pengendara tidak perlu menempelkan kartu, pembayaran tol bisa lebih cepat karena pembayaran dilakukan dengan hanya memindai kode QR yang ada pada mesin pembayaran.

Aman

Proses transaksi dilakukan dengan enkripsi data yang terlindungi, sehingga pengendara tidak perlu khawatir tentang keamanan data pribadi

Terstandarisasi

QRIS adalah standar nasional yang sudah diatur oleh Bank Indonesia, sehingga pengguna bisa lebih mudah dan teratur dalam melakukan transaksi nontunai.

Dengan keuntungan tersebut pengendara di jalan tol akan lebih mudah dan aman.

Layanan penyedia QRIS di Indonesia

QRIS memungkinkan Anda dapat menerima pembayaran digital dari berbagai aplikasi pembayaran (e-wallet) yang menggunakan QR Code. Salah satu penyedia layanan QRIS di Indonesia adalah indibizPAY. indibizPAY adalah aplikasi keuangan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia yang memiliki fitur utama pembayaran QRIS, top up dan tagihan Payment Point Online Banking (PPOB), dan pencatatan transaksi (kasir). indibizPAY dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, atau TELKOM, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

indibizPAY menawarkan berbagai keunggulan bagi Anda yang ingin menerima pembayaran QRIS di usaha Anda. Berikut ini adalah beberapa keunggulan indibizPAY:

  • Daftar QRIS gratis, mudah, dan cepat jadi dalam 1 hari kerja.
  • Transaksi aman dan handal dengan dukungan TELKOM.
  • Pelanggan nyaman karena bisa membayar dengan berbagai aplikasi pembayaran yang terhubung dengan QRIS.
  • Jualan pulsa dan tagihan termurah dengan harga bersaing dan komisi menarik.
  • Kasir digital praktis dengan pencatatan transaksi penjualan secara otomatis dan dilengkapi dengan struk dan laporan penjualan.
  • Dukungan integrasi layanan dan kerjasama bisnis dengan berbagai solusi di indibizPAY.

Untuk mendaftar QRIS di indibizPAY, Anda bisa mengunduh aplikasi indibizPAY melalui PlayStore atau Anda dapat mendaftar melalui app.indibizpay.id, lalu melakukan registrasi dengan mengisi data diri dan usaha Anda. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode QRIS yang bisa Anda cetak dan tempel di tempat usaha Anda. Selanjutnya, Anda sudah bisa menerima pembayaran QRIS dari pelanggan Anda.

Dengan menggunakan indibizPAY sebagai penyedia layanan QRIS di Indonesia, Anda bisa meningkatkan bisnis Anda dengan lebih mudah, praktis, dan menguntungkan. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan usaha Anda di indibizPAY dan rasakan manfaatnya!