Hari Kemerdekaan Indonesia: UMKM Melaju Untuk Indonesia Maju

Dipublish Pada
August 17, 2023
Hari Kemerdekaan Indonesia: UMKM Melaju Untuk Indonesia Maju

Hari kemerdekaan Indonesia merupakan pengingat sekaligus penyemangat dalam melanjutkan perjuangan bangsa untuk menuju Indonesia maju. Melanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu adalah suatu keharusan bagi generasi sekarang dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa. Bentuk perjuangan para pejuang terdahulu tentunya berbeda dengan perjuangan yang harus dilakukan oleh generasi saat ini. 

UMKM di Era Digital

Perubahan tatanan kehidupan akibat pandemi covid-19 mengharuskan masyarakat untuk berjuang melawan sistem hidup yang baru. Perubahan yang masif akibat pandemi covid-19 dapat dirasakan pada proses digitalisasi di dunia, tak terkecuali Indonesia. Satu sektor yang terkena dampak digitalisasi secara masif adalah sektor ekonomi. Survei mengatakan bahwa interaksi pelanggan secara digital selama pandemi meningkat dari 36% menjadi 58% bahkan 80%. Pergeseran ini merupakan suatu tamparan bagi para pelaku usaha untuk dapat berjuang menaklukkan perkembangan teknologi. 

Berdasarkan kutipan katadata, UMKM di indonesia terdiri dari 64 juta dengan kontribusi PDB sebesar 61,07%  setara dengan 8.573,9 triliun dan menyerap tenaga kerja sebesar 97,02% dari tenaga kerja di seluruh Indonesia. Data tersebut mengisyaratkan bahwa UMKM merupakan bagian dari penopang ekonomi, harus terus melaju untuk mewujudkan Indonesia maju. Oleh karena itu, UMKM harus bisa berusaha beradaptasi dengan kemajuan teknologi serta mampu melihat bagaimana pola bertransaksi masyarakat agar dapat mempertahankan usahanya. Peluang ini akan semakin besar dilakukan karena mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Akan tetapi, menurut kominfo baru sekitar 17.5 juta UMKM yang masuk kedalam ekonomi digital. Artinya, hal ini perlu peningkatan oleh para pelaku UMKM untuk dapat mendorong digitalisasi bisnis mereka.

Dampak Digitalisasi bagi UMKM

Transformasi digital UMKM di Hari Kemerdekaan Indonesia
Sumber: wantiknas.go.id

Akan banyak manfaat jika UMKM mulai melakukan transformasi digital. Seperti yang dikutip pada laman futureskill terdapat beberapa manfaat yang diperoleh bisnis jika menerapkan transformasi digital, diantaranya:

  • Memperluas jangkauan pelanggan.
  • Mudah mendapat informasi terkait sesuatu yang sedang tren.
  • Mudah memantau aktivitas usaha.
  • Mudah dalam mengelola kondisi keuangan usaha.
  • Layanan transaksi yang disediakan akan lebih beragam.
  • Mengurangi Human Error berkat penggunaan teknologi.

Tips Digitalisasi untuk UMKM

Hari kemerdekaan Indonesia merupakan suatu momen yang pas untuk mulai bertransformasi ke arah yang lebih baik. Termasuk UMKM, sebagai salah satu penopang dan pemberi kontribusi terbesar terhadap perekonomian Indonesia. Momen ini dapat dimanfaatkan UMKM untuk terus melaju menuju Indonesia yang lebih maju. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk bisa memulai transformasi digital? Berikut beberapa jalan yang bisa ditempuh dalam memaksimalkan penggunaan teknologi untuk kemajuan bisnismu:

Berbagai cara untuk memulai transformasi digital UMKM
Sumber: digitalbisa.id

Memanfaatkan Ecommerce Sebagai Toko Kedua

Sejak pandemi penggunaan platform ecommerce untuk berbelanja memenuhi kebutuhan semakin meningkat. Selain mudah diakses, ecommerce memberikan banyak layanan kemudahan dalam setiap pengalaman berbelanja. Selain itu, ecommerce menyediakan berbagai metode pembayaran yang mudah. Oleh karena itu, UMKM dapat menjual produknya pada ecommerce yang telah tersedia sesuai dengan jenis produk yang ingin ditawarkan.

Memanfaatkan Media Sosial

Interaksi masyarakat Indonesia akhir-akhir ini banyak terjadi di media sosial. Selain itu masyarakat juga banyak memuat atau mencari informasi terkini dengan memanfaatkan media sosial maupun media massa lainnya. Dengan kondisi ini, pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial seperti membuat konten promosi baik itu melalui Instagram, Tiktok bahkan dapat memanfaatkan website untuk berjualan. Dengan ini, engagement dapat meningkat melalui pembaca atau pemerhati konten anda.

Mengadakan Promosi atau Penawaran Menarik 

Pelanggan seringkali mendapat informasi promo melalui media sosial. Kondisi ini, dapat dimanfaatkan UMKM untuk mulai membuat penawaran menarik melalui media sosial. Penawaran menarik dapat dilakukan secara rutin, misalnya pada hari perayaan, hari libur nasional maupun cara lainnya.

Gunakan Aplikasi Penunjang Operasional Bisnis

Saat ini banyak bermunculan platform aplikasi yang memudahkan pemilik usaha dalam membantu operasional bisnis seperti laporan penjualan, manajemen stok, sistem pembayaran digital QRIS hingga laporan transaksi penjualan. Fitur tersebut bahkan bisa didapatkan dari penyedia jasa pembayaran (PJP) seperti indibizPAY. IndibizPAY menyediakan berbagai fitur yang memudahkan operasional bisnis seperti fitur kasir untuk manajemen stok, fitur transaksi yang dapat merekap hasil transaksi pembeli.

Transformasi Digital Bersama IndbizPAY

Transformasi digital UMKM dapat diwujudkan dengan menggunakan aplikasi indibizPAY. Kehadiran aplikasi ini dapat menjadi bagian dari proses digitalisasi usaha yang anda miliki. Berbagai fitur bisa anda manfaatkan untuk melakukan manajemen operasional usahamu. Diantaranya, terdapat berbagai macam fitur yaitu pembayaran digital (QRIS), kasir serta PPOB. Dari setiap transaksi, indibizPAY juga menyediakan fitur riwayat transaksi yang mencatat rekap transaksi secara realtime dan dapat dipantau dengan mudah. Tidak hanya menyediakan berbagai fitur transaksi, indibizPAY akan memberikan keuntungan yang melimpah melalui fitur My Rewards.

Aplikasi indibizPAY memberikan anda kemudahan dalam memantau kondisi usaha anda secara realtime. Aplikasi ini juga dapat anda akses dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi indibizPAY. Selain itu anda dapat mengakses pada halaman website indibizPAY. UMKM melaju bersama indibizPAY untuk Indonesia maju.