Pemilu 2024: Tips Jitu Pengusaha Menghadapi Serangan Orderan

Dipublish Pada
July 27, 2023
Pemilu 2024: Tips Jitu Pengusaha Menghadapi Serangan Orderan

Pemilu dapat diartikan sebagai wadah rakyat dalam menyalurkan aspirasi politik serta menentukan pilihan wakil rakyat secara demokratis. Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 pasal 1 ayat (1) pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Perekonomian Menjelang Pemilu

percetakan sebagai salah satu usaha yang mengalami pelonjakan orderan saat pemilu
Sumber: pinterest.com

Pemilu bukan sekedar pesta demokrasi untuk masyarakat Indonesia tetapi merupakan satu momentum bagi negara untuk dapat mendorong perekonomian. Momentum ini akan meningkatkan perputaran perekonomian diantara masyarakat. Pemilu sebagai perayaan besar akan mendorong konsumsi masyarakat terutama yang terlibat dalam proses penyelenggaran pemilu. Ekonom Senior DBS Research Group, Radhika Rao, mengatakan, berdasarkan riset dari empat pemilu sebelumnya, penyelenggaraan pemilu akan mendorong konsumsi mulai dari tiga triwulan sebelumnya hingga satu triwulan sebelum pemilu. 

Sebagian besar konsumsi masyarakat akan dikeluarkan untuk kebutuhan selama kampanye hingga pelaksanaan pemilu. Meningkatnya konsumsi masyarakat dari menjelang hingga pelaksanaan pemilu akan berdampak secara langsung pada kenaikan permintaan barang maupun jasa kepada UMKM. Secara umum, perputaran ekonomi menjelang pemilu akan mendominasi pada sektor percetakan spanduk, jasa foto copy, toko peralatan ATK, usaha baju kaos dan sablon baju, catering hingga jasa event organizer.

Menyambut Serangan Orderan saat Pemilu

Momentum pemilu bisa menjadi salah satu pendorong membaiknya kondisi bisnis UMKM akibat meningkatnya jumlah permintaan. Di sisi lain, persiapan menghadapi lonjakan penjualan jelang pemilu harus dipersiapkan dengan matang dan sedini mungkin. Persiapan ini dilakukan agar momen pemilu bukan sekedar angin lalu dan diharapkan mampu memberikan keuntungan positif bagi UMKM. Beberapa permasalahan yang kadang dijumpai akibat meningkatnya jumlah penjualan saat masa kampanye berlangsung adalah menurunnya kualitas produk UMKM. Hal ini disebabkan karena pelaku usaha hanya berfokus pada kecepatan dan ketepatan distribusi produk ke konsumen. Selain itu, kesalahan pada laporan penjualan juga menjadi masalah karena tidak sinkron antara jumlah barang/jasa yang dijual dengan uang yang diterima. Karena kewalahan menerima orderan yang menumpuk menyebabkan adanya minus pada pendapatan usaha. Oleh karena itu diperlukan persiapan serta strategi yang matang dalam mengantisipasi masalah saat terjadi lonjakan orderan. 

Tips Menghadapi Lonjakan Orderan pada Masa Pemilu

UMKM menjelang dan saat pemilu tiba
Sumber: pinterest.com

Prediksi akan adanya lonjakan orderan menjadi isyarat bagi UMKM untuk dapat mengantisipasi masalah selama menerima proses orderan hingga barang sampai ke tangan konsumen. Berikut tips jitu bagi pengusaha agar siap menerima serangan orderan menjelang pemilu:

Terapkan Sistem Pre-Order

Menerapkan sistem pre-order untuk pemesanan produk akan dengan mudah mengantisipasi kewalahan dalam menyiapkan pesanan. Akan lebih baik lagi jika sistem pre-order diberikan jangka waktu minimal untuk pemesanan hingga produk siap distribusi. Sistem pre-order ini akan memudahkan produsen dalam mengatur prioritas pesanan dari konsumen. Maka dari itu, produsen mampu menjaga kualitas produknya tanpa harus membuatnya secara tergesa-gesa.

Terapkan Transaksi Secara Digital

Adaptabilitas UMKM pada era digital saat ini diperlukan agar sejalan dengan gaya konsumen dalam bertransaksi. Pola bertransaksi masyarakat saat ini telah beralih ke sistem transaksi digital. Dengan menerapkan sistem transaksi digital, UMKM akan menciptakan transaksi yang efisien bagi konsumennya. QRIS merupakan salah satu sistem transaksi yang bisa diterapkan oleh UMKM. Keunggulan menerapkan QRIS sebagai QR code pembayaran digital yakni dapat mempercepat proses transaksi karena sudah tidak memerlukan uang kembalian, dapat dilakukan secara langsung di toko maupun jarak jauh serta QRIS dapat memberi rekap penjualan secara real time

Rekap Transaksi Penjualan

Menulis rekap transaksi akan memudahkan pengusaha dalam memantau transaksi yang masuk. Membuat rekap transaksi akan membantu pengusaha terhindar dari hasil penjualan yang minus. Rekapan transaksi juga akan membantu memantau omzet serta profit dari barang atau jasa yang telah terjual atau terpakai. Saat ini rekapan transaksi akan mudah dilakukan secara digital. Rekapan transaksi digital dapat diterapkan dengan menggunakan aplikasi indibizPAY. IndibizPAY dapat merekap seluruh transaksi baik itu dari QRIS maupun dari pembelian layanan dan produk di aplikasi. Transaksi direkap secara realtime oleh aplikasi indibizPAY sehingga dengan mudah memantau transaksi yang masuk setiap harinya.

Adanya prediksi jumlah permintaan yang akan melonjak menjelang pemilu, maka UMKM tidak boleh menyepelekan segala sesuatu, termasuk cara, sistem maupun waktu pembayaran. Dengan indibizPAY, sistem pembayaran akan menjadi lebih cepat, mudah, aman, dan handal sehingga tidak perlu khawatir menghadapi serangan orderan menjelang pemilu. Dapatkan pengalaman bertransaksi dengan mudah dan nikmati berbagai keuntungan dengan cara mengunduh aplikasinya di playstore (bagi pengguna android) dan kunjungi link berikut https://app.indibizpay.id/login (bagi pengguna IOS).